Selasa, 28 Januari 2020

GEOLISTRIK merupakan salah satu metode geofisika yang bertujuan mengetahui sifat-sifat kelistrikan lapisan batuan dibawah permukaan tanah dengan cara menginjeksikan arus listrik ke dalam tanah. Geolistrik merupakan salah satu metode geofisika aktif, karena arus listrik berasal dari luar sistem. Tujuan utama dari metode jasa geolistrik ini sebenarnya adalah mencari resistivitas atau tahanan jenis dari batuan. Resistivitas atau tahanan jenis adalah besaran atau parameter yang menunjukkan tingkat hambatannya terhadap arus listrik . Batuan yang memiliki resistivitas makin besar, menunjukkan bahwa batuan tersebut sulit untuk dialiri oleh arus listrik. Selain resistivitas batuan, metode geolistrik juga dapat dipakai untuk menentukan sifat-sifat kelistrikan lain seperti potensial diri dan medan induksi.

Jasa Sumur Bor Teknikbo.com
Hubungi Kami klik gambar
Resistivitas batuan dapat diukur dengan memasukkan arus listrik ke dalam tanah melalui 2 titik elektroda di permukaan tanah dan 2 titik lain untuk mengukur beda potensial di permukaan yang sama. Hasil pengukuran geolistrik dapat berupa peta sebaran tahanan jenis baik dengan jenis mapping atau horisontal maupun sounding atau kedalaman. Hasil pengukuran geolistrik mapping maupun sounding disesuaikan dengan kebutuhan diadakannya akuisisi data serta jenis konfigurasi yang digunakan.

1.     DEFINISI SURVEY GEOLISTRIK

Secara teori dan ilmu hidrologist Pemakaian geolistrik pertama kali dikerjakan oleh Conrad Schlumberger pada th. 1912. Survey Geolistrik adalah salah satu metoda geofisika untuk tahu pergantian tahanan type susunan batuan dibawah permukaan tanah lewat cara mengalirkan arus listrik DC (‘Direct Current’) yang memiliki tegangan tinggi ke tanah. Injeksi arus listrik ini memakai 2 buah ‘Elektroda Arus’ A serta B yang ditancapkan ke tanah dengan jarak spesifik. Makin panjang jarak elektroda AB bakal mengakibatkan aliran arus listrik dapat menembus susunan batuan lebih dalam.  Karenanya ada aliran arus listrik itu jadi bakal menyebabkan tegangan listrik didalam tanah. 


Jasa Bor Sumur Murah jasa Sumur Bor Murah Jasa Survey Geolistrik
Gambaran Definisi Geolistrik Teknikbor.com
Tegangan listrik yang berlangsung di permukaan tanah diukur dengan pemakaikan multimeter yang terhubung lewat 2 buah ‘Elektroda Tegangan’ M serta N yang jaraknya lebih pendek daripada jarak elektroda AB. Apabila posisi jarak elektroda AB dirubah jadi semakin besar jadi tegangan listrik yang berlangsung pada elektroda MN turut beralih sesuai sama info type batuan yang turut terinjeksi arus listrik pada kedalaman yang semakin besar. Dengan anggapan bahwa kedalaman susunan batuan yang dapat ditembus oleh arus listrik ini sama juga dengan separuh dari jarak AB yang umum dimaksud AB/2 (apabila dipakai arus listrik DC murni), jadi diprediksikan dampak dari injeksi aliran arus listrik ini berupa 1/2 bola dengan jari-jari AB/2.


2.     TATA CARA PELAKSANAAN SURVEY GEOLISTRIK

Secara Teori dan Ilmu Hidrologist dari pakar geoteknik Survey geolistrik yang kerap dipakai yaitu yang memakai 4 buah elektroda yang terdapat dalam satu garis lurus dan simetris pada titik tengah, yakni 2 buah elektroda arus (AB) dibagian luar serta 2 buah elektroda ntegangan (MN) dibagian dalam. Gabungan dari jarak AB/2, jarak MN/2, besarnya arus listrik yang dialirkan dan tegangan listrik yang berlangsung bakal didapat satu harga tahanan type semu (‘Apparent Resistivity’). Dimaksud tahanan type semu lantaran tahanan type yang terhitung itu adalah paduan dari banyak susunan batuan dibawah permukaan yang dilewati arus listrik.

Jasa Bor Sumur Murah jasa Sumur Bor Murah Jasa Survey Geolistrik
Jasa Pembuatan Sumur dalam dan sumur dangkal Teknikbor.com

Apabila satu set hasil pengukuran tahanan type semu dari jarak AB terpendek hingga yang terpanjang itu digambarkan pada grafik logaritma ganda dengan jarak AB/2 juga sebagai sumbu-X serta tahanan type semu juga sebagai sumbu Y, jadi bakal didapat satu bentuk kurva data geolistrik. Dari kurva data itu dapat dihitung serta disangka karakter susunan batuan dibawah permukaan.

Secara Teknik Pelaksanaan Geolistrik Di mulai dari :

1.      Mobilisasi alat dari gudang ke lokasi, merupakan awal dari persiapan kami memulai survey geolistrik untuk pelaksanaan ke lapangan.

2.      Persiapan titik koordinat lokasi, melihat koordinat atau posisi letak lokasi berada di daerah dengan jenis bebatuan yang tertera di peta geologi.

3.      Persiapan titik duga P1 dan titik duga P2 di lapangan, adalah peninjauan teknisi geolistrik untuk melihat jarak atau radius dari titik yang akan di bor.

4.      Memulai Membentangkan Kabel , teknisi membentangkan kabel sepanjang 200 meter lebih.

5.      Memulai titik patok awal pengantar arus listrik ke tanah dan sampai titik akhir. teknisi melakukan pematokan untuk mengantarkan arus listrik ke dasar tanah , untuk mengetahui angka yang keluar di alat geolistrik untuk mulai mencatat data.

6.      Setelah selesai titk P1 dilanjutkan titik P2, pengerjaan sama dengan titik P1 dan mulai mencatat data geolistrik. Data yang diperoleh lalu di dibawa oleh teknisi, disini teknisi melakukan hasil uji atau olah data geolistrik p1 dan p2 di workshop hidrologist bandung.

7.      Data yang sudah di olah akan dikirim melalui Email dan Paket, data yang kami kirim disini berupa soft copy dan hard copy untuk panduan pengeboran yang nanti dilanjutkan ke RAB pengeboran dalam.


3.     FUNGSI KEGUNAAN SURVEY GEOLISTRIK DALAM PENGEBORAN

A.      Mengetahui karakteristik susunan batuan bawah permukaan hingga kedalaman seputar 300meter sangatlah bermanfaat.
B.      Untuk tahu kemungkinan ada susunan akuifer (AIR) yakni susunan batuan yang disebut susunan pembawa air.
C.      Geolistrik ini dapat untuk mendeteksi ada susunan tambang dan Material bawah tanah.
D.     Metode geolistrik dapat juga untuk mengira ada panas bumi (geotermal) dibawah permukaan.

Jasa Bor Sumur Murah jasa Sumur Bor Murah Jasa Survey Geolistrik
Untuk Info Lajut Paket pengeboran sumur dan Geolistik Hub 085711989792

E.    Geologi Teknik untuk mengetahui tebal lapisan lapuk, jenis batuan, struktur geologi serta porositas dan permeabilitas batuan untuk penentuan konstruksi.
F.      Pertambangan, untuk mengetahui persebaran mineral di dalam lapisan tanah.
G.    Minyak untuk mengetahui ketebalan lapisan lapuk dalam penentuan pemasangan bor, struktur lapisan serta jenis batuan.
H.    Arkeologi untuk mengetahui situs-situs peninggalan sejarah yang terpendam dalam tanah.
I.      Geologi regional suatu wilayah baik struktur geologi maupun stratigrafinya.

J.      Hidrologi, untuk mencari akuifer atau sumber air tanah atau mengetahui intrusi air laut.



4.     PERSIAPAN ALAT KERJA

1.            Schlumberger Satu unit pemancar dan penerima ( Main Unit)
2.            Kabel arus 2 gulungan @ 500 meter
3.            Kabel potensial 2x 100 meter
4.            Elektroda potensial ( tembaga) 2 buah
5.            Elektroda arus ( steinless) 2 buah


Jasa Bor Sumur Murah jasa Sumur Bor Murah Jasa Survey Geolistrik
Jasa Bor Sumur Dalam dan Jasa Sumur Bor 30 Meter atau lebih Teknikbor.com
6.            Kalkulator dan Map Geologi
7.            Aki 12 Volt
8.            Palu 2 Buah
9.            Kabel-kabel penghubung
10.        Buku Pencatat Data

Tunggu Apalagi Segera Hubungi Kami Jika anda Mempunyai Masalah Air Sumur dan Kontruksi serta Kandungan Material Tanah Anda.

Thanks For Visit and Order.


More info about teknikbor.com
Marketing Office :
0857 – 1198 – 9792  Whatsaap
0812 – 1962 – 9838
Id line : teknikbor.com

Alamat Kantor : Jl. Komplek Polri No. 12 Kelurahan  Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, dekat Cibubur Citra grand ,Kota wisata, Ujung aspal Pondok gede, Junction Depok,  Jambore Pondok Ranggon , Dekat Sebelah Alfamart Payangan Jatiasih.

Tag : Jasa Sumur Bor , Jasa Bor Sumur , Jasa Geolistrik , Jasa Geoteknik, Jasa Bor Sumur Artesis, Jasa Perizininan SIPA, Jasa Service Pompa air , Jasa Service Sumur , Kerjasama Cluster / Perumahan untuk Bor sumur, Jasa Sumur Bor Submersible, Jasa Gali sumur submersible , Jasa Gali sumur Bekasi , Jasa Bor sumur Bandung, Jasa Bor sumur Jogjakarta, Jasa Bor sumur kalimantan, Jasa bor sumur Aceh , Jasa bor sumur riau, Jasa Sumur bor Puwarkarta, Jasa Bor sumur indonesia, Jasa Bor Sumur Jatisampurna , Bor Sumur Cibubur, Bor Sumur Kota Wisata, Bor Sumur Legenda, Jasa Bor Sumur Jakarta Timur, Jasa Bor Sumur Jakarta barat, Jasa Bor Sumur Banten , Jasa Bor Sumur Jakarta Pusat, Jasa Bor Sumur Pekanbaru,  Jasa Bor Sumur Jonggol, Jasa Bor Sumur Cileungsi, Jasa Bor Sumur JABODETABEK, Jasa bor sumur Provinsi Luar daerah, Jasa Sumur bor Provinsi , Jasa Sumur Bor Kota , Jasa Sumur Bor hutan, Jasa Sumur bor Perkantoran , Jasa sumur bor Kontrkan, Jasa sumur bor surabaya, Jasa sumur bor pulau jawa, Jasa sumur bor NTT, Jasa sumur Bor Papua , Jasa sumur Bor Makasar, Jasa sumur bor Sumatra, Jasa sumur bor Manado, Jasa sumur bor Kebumen , Jasa sumur bor submersible unruk Kolam renang, Jasa sumur Bor Untuk Vila , Jasa Geolistrik Provinsi, Jasa Geolistrik Pulau Jawa, Jasa Geolistrik Kabupaten , Jasa Sumur Bor Berpengalaman , Jasa Sumur Bor kosan , Jasa sumur Bor modern , Jasa sumur Bor murah bergaransi.

Tag : Jasa Sumur Bor Murah Ciracas dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah cipayung dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cakung dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Pinang Ranti dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Pekayon dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cibubur dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Lubang Buaya dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cakung dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Makasar dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Ceger dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Halim Perdanakusuma dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cijantung dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Munjul dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Kalisari dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Rambutan dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Pondok Ranggon dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cilangkap dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Setu dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Bambu Apus dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cililitan dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cileungsi dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Harvest City dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Kota Wisata dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Legenda Wisata dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Citra Grand dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Cibubur Country dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Ciangsana dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Villa Nusa Indah dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Kemang Pratama dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Perumahan PPA Komsen dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Galaxy City dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Arumdina dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Ganceng dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Mal metropolitan Bekasi dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Angkasa Puri dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Duta Indah dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Chandra dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Jatibening dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Pondok Gede dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Pondok Melati dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Perumahan Kranggan Permai dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Graha Indah dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Wahana Pondok Gede dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Bulog dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Jatiwaringin dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah JATIASIH dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah JATIRASA dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah JATIMEKAR dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah JATIKRAMAT dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah JATILUHUR dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Jatisampurna dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah Jatirangga dan Geolistrik
Jasa Sumur Bor Murah AURI JATISARI dan Geolistrik

0 komentar:

Posting Komentar

CHAT VIA WHATSAPP

Pesan Via Email

Nama

Email *

Pesan *

HUBUNGI KAMI

0857 – 1198 – 9792

[ Indosat ] Whatsapp

0812 – 1962 – 9838

[ Telkomsel ]

Alamat Kantor : Jl. Komplek Polri No. 12 Kelurahan Jatirangga Kecamatan Jatisampurna Kota Bekasi, dekat Cibubur Citra grand ,Kota wisata, Ujung aspal Pondok gede, Junction Depok, Jambore Pondok Ranggon , Dekat Sebelah Alfamart Payangan Jatiasih.

CHAT AND ORDER VIA WHATSAPP

SPONSOR BY

Popular Posts

CHAT AND ORDER VIA WEBSITE CHAT